Total Tayangan Halaman

Sabtu, 15 Oktober 2011

Tips Menjaga Kulit Sehat dan Cantik Bagi Wanita

Kulit wanita dan kulit pria memiliki perbedaan, antara lain kulit wanita memiliki tekstur yang lebih tipis dibandingkan dengan kulit pria.
Kelenturan kulit wanita banyak dipengaruhi oleh berbagai macam faktor dari siklus  hormonalnya yaitu siklus menstruasi, mengandung, melahirkan, dan siklus menopause.
Berbagai macam masalah kulit timbul pada wanita seperti: munculnya jerawat pada masa menstruasi dan masa mengandung,  masalah kulit keriput, flek pada kulit, selulit, strech mark , kekeringan pada kulit dan hiperpigmentasi.
Masalah kulit pada wanita disebabkan bebrapa hal seperti mulai menurunnya kemampuan kulit untuk mempertahankan kondisinya, adanya penurunan hormon androgen dan estrogen, adanya faktor eksternal yang ikut memperparah kondisi kulit seperti paparan sinar ultraviolet, suhu dingin, stress, polusi, rokok, dan alkohol.

Berikut ini merupakan tips untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap dalam kondisi yang baik, yaitu:

1.Selalu rajin minum air putih minimal delapan gelas sehari. Bila Anda lebih banyak melakukan aktivitas diluar ruangan, maka perbanyak konsumsi minum air putih.

2. Setiap pagi dan malam hari sebelum tidur, gunakanlah pelembab sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Oleskan body lotion secara rutin setelah Anda mandi.

3.Rutin membersihkan wajah anda setiap kali sehabis mandi. Tetap rajin membersihkan muka bila selesai beraktivitas di luar ruangan.  Gunakan pembersih muka yang cocok dengan kulit muka Anda seperti susu pembersih, face tonic, face cleanser, astringent, sabun muka dan lain sebagainya.

4.Rutin melakukan peeling cream atau peeling powder setiap dua kali dalam waktu satu bulan. Perawatan penipis kulit ini bertujuan untuk menghilangkan kelebihan sel-sel tanduk pada permukaan kulit wajah serta menghilangkan pigmen, kotoran dan lemak yang menyumbat pori-pori kulit wajah anda.

5.Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya di bagian wajah  serta bagian tubuh seperti leher dan siku tangan, apabila Anda hendak melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari.
Agar Anda terbebas dari flek hitam, jangan lupa gunakan alas bedak yang mengandung UV Protection.

6. Selalu rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayur mayur yang segar.
Pilihlah sayuran dan buah-buahan yang berwarna terang karena memiliki pigmen kulit yang mengandung flavonoid yang tinggi kandungan antioksidannya

7. Rajin mengkonsumsi Teh semanggi merah
Agar dapat meningkatkan rona pada wajah Anda, maka rajinlah mengkonsumsi Teh semanggi merah . Teh ini sangat bermanfaat dalam  membantu proses detoksifikasi dalam tubuh Anda . Detoksifikasi adalah suatu proses membersihkan senyawa-senyawa berbahaya yang menetap didalam tubuh, agar dapat dibuang keluar dari tubuh.

8. Gunakan susu untuk membantu mencerahkan wajah serta membantu menghilangkan bintik - bintik pada wajah dengan cara membasuhkan langsung susu tersebut langsung ke wajah anda secara rutin.
Susu juga dapat bermanfaat menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah anda dengan cara membasuh wajah Anda dengan kain pencuci wajah yang sudah ditetesi dengan beberapa tetes susu.

9. Untuk menghilangkan sisa - sisa riasan pada wajah anda, maka dapat digunakan dengan cara yang alami, yaitu gunakan minyak alpukat.
10. Gunakan masker campuran  putih telur dan air jeruk nipis ke wajah Anda dan diamkan sampai mengering , kira-kira selama 10 menit dan kemudian basuh wajah Anda dengan air dingin. Manfaatnya adalah : putih telur dapat membantu mengencangkan kulit wajah Anda. Air jeruk nipis dapat membantu memperbaiki warna kulit Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar