Total Tayangan Halaman

Sabtu, 01 Oktober 2011

Timun Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Timun dikenal dengan bahasa latin sebagai Cucumis Sativus. Timun memiliki keluarga sayuran yang sama dengan semangka dan labu. Dengan kulit yang berwarna hijau cerah sampai hijau cerah dan bila dikupas, isinya berwarna putih agak kehijauan menjadikannya sebagai favorit disajikan ketika sebuah hidangan diletakkan di atas meja makan.
Di negara kita, indonesia, Timun mudah untuk didapat dengan harga yang sangat murah, masih bisa dibeli dengan harga seribu rupiah dapat tiga sampai dengan empat buah.

Timun memiliki manfaat yang besar dalam hal kecantikan kulit dan kesehatan, yaitu:

1.Mengatasi mata sembab

Bekerja seharian di kantor, apalagi di depan komputer sepanjang hari dapat menyebabkan mata menjadi lelah bahkan sembab. Gunakan irisan timun yang diletakkan diatas mata dan ditaruh selama 15 menit, dapat menyegarkan kembali mata yang tadinya lelah.
2. Mengatasi wajah yang kusam
Salah satu sumber silica terbaik adalah timun. Silica adalah mineral yang dapat memperkuat jaringan ikat pada kulit.Timun juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga baik digunakan untuk perawatan kesehatan kulit.
Kupas timun dari kulitnya lalu diparut, Oleskan parutan timun di bagian wajah dan leher sebagai masker dan tonik. Diamkan beberapa saat, lalu basuh dengan lap air hangat. Lakukan secara rutin.

3. Mengatasi jerawat dan masalah noda di wajah

Untuk mengatasi masalah noda di wajah seperti flek dan bekas jerawat, maka blender timun bersana satu sendok yogurt dan satu sendok susu non fat.Oleskan hasil blenderan tersebut sebagai masker di wajah dan leher, lalu diamkan selama kurang lebih lima belas menit, lalu basuh wajah dan leher dengan air dingin. Lakukan secara rutin.

4. Timun mengandung magnesium yang berguna untuk merilekskan otot dan jaringan syaraf dan menjaga agar sirkulasi darah dapat berjalan dengan lancar.
5. Timun mengandung mangan dan potassium yang berguna untuk menjaga tekanan darah supaya stabil.
6. Timun sangat baik untuk diet dikarenakan mengandung rendah kalori, banyak mengandung enzim, esensi vitamin yang berguna untuk menjaga kondisi tubuh selama melakukan proses diet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar